Nge-BLOG: Bahasa Indonesia atau bahasa Inggris?


Hello good readers….





Dalam tulisan kali ini, saya ingin membahas tentang apa yang baru-baru ini saya alami seusai memosting "Selangkah Lebih Dekat dengan Pulau Alor", yaitu pertanyaan seorang teman pada saya: “Lebih bagus mana kak? Nulis postingan blog pakai bahasa Indonesia atau Inggris?”. 
Saat itu saya agak bingung memberi jawaban. Pertama karena bagus yang dimaksudkan dalam pertanyaan ini. Dan bingung yang kedua, bingung untuk menjawab apa setelah tau bagus yang dimaksud adalah “kunjungan pembaca ke artikel alias tulisan kita di blog. Mengapa? Karena saya sebenarnya menulis blog bukan dengan niat apa-apa selain hanya menjadikannya wadah saya menuangkan tulisan-tulisan random saya. Jumlah tayang blog saya per hari bahkan per minggunya masih sangat rendah. Karena memang bukan itu yang saya kejar. Kebetulan saja, sesaat setelah memposting "Selangkah Lebih Dekat dengan Pulau Alor", tulisan ini langsung memiliki tanyangan terbanyak hingga lima hari kedepannya.

Berangkat dari kejadian inilah, saya kemudian diminta untuk menuliskan postingan "Selangkah Lebih Dekat dengan Pulau Alor" ini dalam versi Bahasa Inggris (One Step Closer to Alor Island) untuk melihat bagaimana perbandingan kunjungan baca yang terjadi pada dua tulisan sama isi namun beda penggunaan bahasa ini. Seperti yang kita tau, bahasa Inggris adalah bahasa yang mendunia dimana setidaknya ia menjadi bahasa yang paling banyak digunakan untuk berkomunikasi diantara dua orang asing berbeda kebangsaan dan bahasa. Ekspektasi teman saya ialah, mungkin dengan ditulisnya postingan dalam bahasa Inggris ini, jumlah kunjungan yang terjadi pun akan sama dengan postingan dalam bahasa Indonesia.

Dimulailah pengamatan kecil saya. Setelah ditulisnya "One Step Closer to Alor Island". Seperti biasa, saya membagikan postingan ini ke berbagai grup blogging yang saya miliki di google+, sama persis seperti yang saya lakukan dengan postingan "SelangkahLebih Dekat dengan Pulau Alor". Saya membagikannya ke juga ke laman facebook, twitter dan juga snap WhatsApp saya.


Menjelang hari kedua postingan "One Step Closer to Alor Island" saya nangkring di blog saya, kunjungan ke postingan ini masih sepi-sepi saja. Saya pun meminta tolong kepada 3 orang teman saya untuk membagikan postingan ini ke media social mereka. Perlu diketahui bahwa langkah terakhir ini, tidak saya lakukan untuk postingan "Selangkah Lebih Dekat dengan Pulau Alor".

Hingga hari ke lima, postingan "One Step Closer to Alor Island" memiliki total kunjungan yang bahkan tidak mencapai setengah dari kunjungan ke postingan "Selangkah Lebih Dekat dengan Pulau Alor". Bahkan hingga hari saya memosting tulisan "Lebih bagus nulis postingan blog dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris?" ini. 


Dari pengamatan saya pada dua postingan inilah, saya pun akhirnya menyimpulkan bahwa:

Entah itu menulis dalam bahasa Indonesia, ataupun bahasa Inggris, dua-duanya sama bagus. Semua itu tergantung kepada pembaca yang kamu tuju, kepada siapa kamu membagikan postingan itu, dan seberapa menarik serta seberapa penting judul postingan kamu bagi para pembaca hingga itu mendorong mereka untuk membaca tulisanmu.

Kenapa saya bilang begitu?

Saya sadar, tulisan "Selangkah Lebih Dekat dengan Pulau Alor" memiliki total kunjungan lebih banyak karena saya memang membagikan tulisan ini pada orang-orang yang tepat. Pada orang-orang yang tertarik untuk membaca apa yang saya tulis dalam postingan itu. Mengingat, saya adalah orang Indonesia, dari NTT dan lebih tepatnya dari Alor, tulisan “Selangkah Lebih Dekat dengan Pulau Alor” menjadi bacaan yang sangat pas untuk pembaca saya yang (ternyata) kebanyakan berasal dari facebook. Mungkin melihat judul postingan ini, membuat mereka tertarik untuk mengintip isi tulisan saya. Terbukti hanya tiga menit setelah postingan "Selangah Lebih Dekat dengan Pulau Alor"saya share di medsos, berbagai komentar positif datang dari banyak orang.


Baiklah. Jadi diatas itu hanyalah sebatas pandangan alias pendapat saya tentang menulis blog dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris menurut pengalaman saya. Bagaimana menurut pembaca sekalian? Menulis blog dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris? Mungkin dari para pembaca ada yang punya pendapat lain, silahkan beri pendapat kalian. Intinya, terus semangat untuk menulis dan berbagi hal-hal yang bermanfaat. Salam ðŸ˜Š :)