Bandung Historical Study Games? Apa tuh?



Source: http://asianafricanmuseum.org/wp-content/uploads/2016/03/1441376057048.jpg


Bandung Historical Study Games?

Membaca judul event ini, apa yang muncul di kepala kalian?
Kota Bandung? Sejarah? Belajar? Permainan?

Loh... Itu kan arti perkatanya. Iya atuh daa mau di pahamkan mah harus paham dulu kan Bahasa Indonesianya. Kan kita orang Indonesia. :))


OK. Pertama dan utama, Apa sih BHSG itu?

Bandung Historical Games itu sebuah event yang diadakan setiap tahun oleh Sahabat Museum Asia Afrika (SMKAA) yang bekerja sama dengan banyak pihak dalam rangka belajar mengenal sejarah Bandung. Pesertanya biasanya berjumlah ribuan dengan jumlah kelompok sesuai dengan banyaknya negara yang tergabung dalam Konferensi Asia Afrika. Nah loh, ada berapa tuh Negaranya? Kalau belum kenal apa itu Konferensi Asia Afrika (KAA), silahkan di googling ya. KAA suatu peristiwa bersejarah yang membesarkan nama Indonesia loh!


Sejarah? Bosan ah… Ngantuk.

Eits... Jangan salah. Di event ini BHSG ini, para peserta akan menjawab pertanyaan-pertanyaan dan terlibat dalam permainan-permainan seru.

Kegiatan dan tema BHSG ini juga berbeda setiap tahunnya dan semua disajikan dalam kegiatan ‘mengenal sejarah sambil bersenang-senang’


Nah… Selanjutnya, saya mau berbagi pengalaman saya mengikuti BHSG 2018 nih. Tapi belum sekarang ini ya. Kapan-kapan dulu. Muahahaha. Ini ada video sedikit rangkuman kegiatan kami dari kelompok saya. (Abaikan suara saya yang sungguh membuat gendang telinga tidak nyaman dan muka buluk kami semua hasil seharian seru-seruan singgah 20 titik post pakai mer"sikil")